Rabu, 18 Januari 2012

Kwetiau Apollo


Kemarin sebelum pulang ke rumah aku nyempatin buat jalan-jalan dulu di Pontianak. Yang pastinya aku hampir mikir kalau aku udah buta warna nie. Sepanjang jalan di Pontianak cuma bisa ngeliat warna merah. Ternyata lagi musim imlek saudara-saudara. Jadi sepanjang jalan Gajah Mada Pontianak di pasang ornamen-ornamen Imlek. Kan di jalan itu memang daerah Pecinan. Jadi wajar aja semua pada merah-merah dan banyak naga serta nanas-nya.

FYI tentang jalan gajah mada nie ada banyak tempat makan enak di sana. Tapi mesti pinter-pinter milih sih buat yang muslim. Soalnya yang jualan pada orang cina semua. Mesti nyari tempat makan yang ada logo halalnya. 


Kemarin aku mampir ke Apollo, tempat makan yang jualan Kwetiau. Kwetiau disini udah ada sejak tahun 1968 sampai sekarang udah 2 generasi yang mengelola tempat ini. Tempatnya biasa aja sih. Mirip-mirip warung kopi gitu. Cuma gede banget…secara pelanggan di sini udah banyak banget. Jadi butuh tempat yang besar biar nggak pada kabur pembelinya gara-gara nggak dapat kursi..hahaha…

Apollo nggak Cuma jualan kwetiau aja tapi ada nasi goreng, bakso, dan bihun goreng. Dan kwetiau-nya berbagai jenis, dari kwetiau goreng, kuah, dan siram. Tapi yang menjadi andalan di sini ya kwetiau goreng. Yang bikin beda disini itu kwetiau-nya pake banyak banget daging, babat, dan bagian sapi lainnya. Terus porsinya itu lho banyak banget. Satu piring bisa buat makan berdua. Aku sama 2 teman ku aja nggak abis, Cuma satu orang aja yang jagoan sampe habis..hihihi..

Buat yang muslim nggak usah takut nggak halal kok. Disini udah ada jaminan halalnya. Sempat ngomong-ngomong sebentar sama koko yang nyatet pesanan. Waktu mau foto-foto juga koko-nya ngizinin dengan ramahnya. Terjadilah percakapan singkat.


“Ko, aku boleh ya foto-foto di sini?”
“oh boleh…adek ini wartawan ke ape?” dengan bahasa melayu Pontianak serta di campur logat cina-nya nggak ilang waktu itu koko ngomong.
“bukan ko, Cuma buat di blog aku aja kok.”
“oh..iye ke…silakan lah foto-foto sepuasnye pun boleh.” Dalam hati aku buat apa foto-foto depan warung gini kayak nggak ada tempat foto lagi aja..hahaha..

Yang sukses bikin aku ngakak waktu moto-motoin tempat makan ini adalah plang di depan warungnya. Sebelumnya perlu diketahui kalau di sebelah Appolo ada warung yang sama persis jualan kwetiau. Namanya juga hampir sama yaitu…jreng…jreng…”Polo”. 

Di plang depan Apollo di tulis “MIE TIAU APOLLO SEJAK TAHUN 1968. TIDAK PERNAH PINDAH”. Sedangkan di plang depan Polo di tulis “MIE TIAU POLO PINDAHAN DARI SEBELAH”. Lucu banget kan jadi kayak perang plang gitu. Desas desus yang aku dengar sih katanya Apollo dan Polo itu punya 2 kakak beradik. Terus sama-sama pengen megang bisnis warisan dari ortu mereka itu. Akhirnya gini deh jadinya. Padahal kalau di jalanan sama-sama terus buka cabang dimana-mana kan pasti keuntungannya juga makin gede.




Kembali lagi ke masalh kwetiau...


Sebelumnya antara kwetiau Apollo dan Polo sama aja sih. Tergantung selera. Kalau suka yang basah banget di Polo kalau yang agak kering ya di Apollo. Tapi rasanya hampir mirip-mirip kok. Kan dari satu resep rahasia yang sama. Kalau makan kwetiau di Apollo lebih enak pake saos racikan kita sendiri. Yang terdiri dari Cuka Ikan, kecap manis, dan sambel khusus. Butuh feel sih buat ngeraciknya. Soalnya aku coba bikin tapi nggak enak. Pas teman ku Nela yang bikini enak banget. Mungkin gara-gara dia juga cina kali jadi bisa ngepasin sama kwetiaunya yang juga bikinan orang cina*hah…emang ngaruh ya..hihihi…

Kalau maen ke Pontianak mampir deh ke sini. Ke daerah pertokoan di Jalan Gajah Mada. Nyobain kwetiau yang udah terkenal ini sambil ketawa-ketawa baca plang di depan warungnya. Dan blog ini bukan bermaksud buat promosi sih. Tapi Cuma mau ngasi rekomendasi makanan enak aja. Sekian dulu saudara-saudara…mohon maaf kalau-kalau ada salah kata…




2 komentar: